Bersih Aman Tertib Indah Komunikatif

Jumat, 30 November 2012

Pesona Wisata Kota Pekalongan

Kota Pekalongan adalah salah satu dari 35 Kota / Kabupaten di Wilayah Propinsi Jawa Tengah. Dalam Perkembangannya menuju persaingan bebas, Pemerintah Kota Pekalongan terus berbenah menggali potensi-potensi yang ada. Selama ini Kota Pekalongan telah dikenal sebagai KOTA BATIK yang merupakan sentra produksi dan penjualan Batik dalam skala besar yang telah menjangkau Pasar Nasional maupun Internasional., Kota Pekalongan boleh dikatakan
telah menjadi salah satu kota referensi bagi produk-produk Batik, baik secara Nasional maupun Internasional hal ini diperkuat dengan telah diresmikannnya sebuah Museum Batik Nasional oleh Presiden Republik Indonesia (Bapak Susilo Bambang Yudhoyono) pada tanggal 12 Juli 2006. Selain Batik Kota Pekalongan juga memiliki potensi usaha di bidang Perikanan dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara yang pernah menjadi sentra penghasil ikan di Indonesia, potensi lainnya adalah adanya Peninggalan Bangunan Bersejarah, Wisata Belanja, Seni Budaya yang religius, Obyek Wisata Pantai Pasir Kencana dan Pantai Slamaran Indah serta Pemandian Air Panas Tirta Bumi. Di Kota Pekalongan.

Masyarakat Kota Pekalongan terdiri dari berbagai etnis, dengan mayoritasnya etnis Jawa, ditambah etnis Arab dan China. Sejak dahulu masyarakat Kota Pekalongan yang mayoritas beragama Islam dikenal sangat religius dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Sifat Religius itu terlihat dimana pada hari Jum’at pada umumnya bidang usaha tutup, banyaknya sekolah dan pendidikan non formal yang mengajarkan ajaran Islam serta terpeliharanya Seni dan Budaya Islam. Masyarakat Etnis China yang jumlahnya cukup banyak dan sudah membaur dengan etnis jawa juga melesterikan budaya yang mereka bawa dari nenek moyang nya. Hal ini terlihat dengan adanya rumah-rumah ibadah masyarakat Budha serta seni dan budayanya yang masih dilestarikan.

POTENSI PARIWISATA KOTA PEKALONGAN

GAMBARAN UMUM TENTANG KOTA PEKALONGAN
Kota Pekalongan terletak antara 109037’55” Bujur Timur dan 6050’42” – 6055’44” Lintang Selatan, berada pada jalur jalan regional utara Pulau Jawa antara Jakarta – Semarang – Surabaya, yang dibatasi oleh Laut Jawa di Sebelah Utara, Kabupaten Pekalongan di Sebelah Barat, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang di Sebelah Selatan dan Kabupaten Batang di Sebelah Timur.
Luas Wilayah Kota Pekalongan adalah 44,86 Km2 atau 4.486 Ha. Jarak terjauh dari utara ke selatan 9 Km dan dari barat ke timur 7 Km. Ketinggian lahan antara 0 meter diatas permukaan laut pada bagian utara dan 6 meter diatas permukaan laut pada bagian selatan, dengan kemiringan antara 0 – 5 %.
Terdapat Terdapat 8 sungai utama yang melewati wilayah Kota Pekalongan dengan panjang aliran antara 2 – 7 Km, Sungai Banger, Sungai Bremi, Sungai Sebulan, Sungai Widuri, Sungai Kuripan, Sungai Gamer dan Sungai Simbang. Kota Pekalongan termasuk kota dengan temperatur sedang, yaitu suhu rata-rata antara 26 – 28 derajat celcius, suhu terendah adalah 22 derajat celcius dan suhu tertinggi 32 derajat celcius.
Lokasi Kota Pekalongan berada di jalur utama Pantai Utara Jawa yang menghubungkan berbagai kota dari Jawa Timur sampai dengan Propinsi Banten, kendaraan banyak yang transit atau singgah di Kota Pekalongan sehingga sangat berpotensi menjadikan Kota Pekalongan sebagai kota bisnis dan wisata. Dengan banyaknya kendaraan yang transit di Kota Pekalongan, secara otomatis banyak pengunjung yang menikmati produk dan jasa yang ada di Kota Pekalongan.
Masyarakat Kota Pekalongan yang majemuk, terdiri atas bebarapa suku yaitu : Suku Jawa, Suku Arab, Suku Tionghoa dan beberapa pendatang dari Suku Madura, Padang dan Batak. Mata pencaharian masyarakat Pekalongan adalah Tani, Dagang dan Industri khususnya Batik, nelayan dan usaha di bidang jasa. Sedangkan agama yang dianut adalah mayoritas beragama Islam, sebagian lainnya beragama Katholik, Kristen, Hindu dan Budha.

POTENSI WISATA KOTA PEKALONGAN
Sesuai kondisi alam dan budayanya, Kota Pekalongan memiliki beragam potensi wisata. Potensi Wisata yang dapat ditemukan adalah :
  1. Wisata Alam : Pantai Pasir Kencana, Pantai Slamaran Indah dan Pemandian Air Panas Tirta Bumi.
  2. Wisata Seni Budaya : Museum Batik Nasional, Seni Sintren, Kuntulan, Simthudduror, Barongsay Budaya Nyadran dan Budaya Pekchun.
  3. Wisata Belanja : Mall atau Pusat Perbelanjaan, Pasar Grosor Setono, Pasar Grosor Gamer, Showroom Batik, Pasar Tradicional, Kampung Batik Kauman, Pusat Kerajinan Tangan RIDAKA, serta Pelabuhan Perikanan Nusantara.
  4. Wisata Ziarah : Makam Sayid bin Abdullah bin Tholib Al Atas.
  5. Wisata Olahraga : Kolam Renang Tirta Sari, Stadion Kraton, Memancin, Billyard, Gedung Olahraga (GOR) Jetayu.

    [sumber]

Pesona Wisata Kota Pekalongan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Rozikin

0 komentar:

Posting Komentar